Friday, February 5, 2010

Ga Perlu Paket Wisata kalo cuma Karimunjawa

Sharing tentang backpacking, my last trip ke Pulau Karimunjawa. Orang-orang pergi kesana pake Paket Wisata dan pake EO segala. Ternyata itu semua ga perlu. Yang cuma lw perlu yaitu Tas Backpack, Baju Secukupnya, Uang sekitar 300-450 ribu, dan Handphone deh.

Soalnya gw kemaren ke karimunjawa itu cuma modal nekat doang. Tidak berencana apa2. Hari Jumat sore jam 3 sedang ngobrol lewat SMS sama temen dan merencanakan pergi ke acara suatu Mapala, tapi nyatanya diajak ke Karimunjawa. Ga pikir panjang langsung gw bales "gw ikut"

Nah selanjutnya bisa gw ceritain pake batasan waktu...

Jumat, 16.00-19.00
Berangkat ke pool Kramat Jati, sampe beres, punya tiket, duduk manis di Bis dan Cabut. Tiket Kramat Jati ke Jepara itu harganya sekitar 70-80 rebuan

Jumat, 19.00-06.00
Perjalanan ke Jepara ke pelabuhan Kartini

Sabtu, 08.30-15.00
Dari pelabuan kita pergi naek KMP Muria yang cuma ada hari Sabtu, Senin dan Rabu dari Pelabuhan di Jepara. Tiketnya sekitar 30ribu yang ekonomi. Cuma perjalannya ngebosenin banget. Kalo mau ngelewatin ini harus naek Pesawat Capung (CESNA) tapi harganya mahal dan harus dari semarang. Bisa juga naek kapal kecil punya penduduk setempat, itu bisa digeber 5jam kalo full speed katanya.

Sabtu, 15.00-18.00
Ke penginapan yang ga lain adalah rumah penduduk yang satu harinya cuma 15 ribu doang (karena udah kenal keknya) terus jalan2 di Pulau Karimunjawa. Disana banyak resort dari mulai nirwana Lodge, Resortnya orang Itali, belgia, Kura-kura Resort dll.
Pulau Karimunjawa itu pulau besar, kaya pulau pramuka di kepulauan seribu, penduduknya ramah-ramah cuma Pak RT-nya galak kayanya soalnya gw bareng temen2 maen kartu tuh dimarahin gara-gara berisik (yaeyalaaaaaah..zzzz). Disana ada warung nasi Bu Ester, kalo malem minggu ada Layar tancep yang filmnya dangdut koplo sama film horror, persis aa yang ditanyangin waktu naek KMP Muria. Jadi ga dikapal ga di layar tancep kecamatan... isinya dangdut koplo, film horor sama orang-orang yang komen bahasa jawa.

Sabtu 18.00-09.00
Bebas dah lw mo istirahat di penginapan, ato mo maen kartu, mo jungkir balik juga gpp

Minggu, 09.00-18.00
Kita jalan2 ke penangkaran hiu yang isinya ada hiu biasa, hiu putih yang ganas, anak2 penyu, ikan baracuda teripang, bintang laut dan serunya kita bisa berenang sama hiu cuy. terus ke pulau Menjangan besar sama menjangan kecil, snorkling (sewa alatnya 30ribu sehari), bakar ikan yang ditangkep tukang kapal yang namanya Pak Obet, maen2 ke pulau yang isinya pasir semua. jadi cuma gundukan pasir doang kaga ada pohon, paling2 ada benih bakau 1 ato 2 biji doang.

Istirahat lagi ampe besok

Senin 08.00-18.00
Kita Jalan2 ke pulau cemara sama pulau tengah, selaen snorkling kita ngejala ikan, nembak pake panah khusu di air sama bakar ikan. ga cuma ikan doang, tapi ada jawil (kaya kerang2an laut gitu), bulu babi juga diembat ada juga kepiting setengah baya. ikannya juga ada banyak, ada ikan kakaktua, tiger fish, ikan toda, ikan lidah, ikan kerapu, dll.

Selasa 08.00 - Rabu 06.00
balik pake KMP muria terus jalan jalan kuliner di jepara. tapi sayang jepara ga punya makanan khas. mereka cuma punya 2 kerjaan pokok biasanya. jualan tokolan (udang kecil) sama bisnis ukir2an. selaen kuliner, jalan2 ke pecinan, alun2 jepara, museum RA. Kartini juga lho. manteb deh. Terus balik ke bandung naek Bis kramat jati lagi jam 5.

Kalo ditotalin cuma abis 400-500 ribu doang lho. Kalo mo jalan, gw siap deh ikut buat nemenin lw pada. Rugi kalo hidup di dunia tapi ga pernah ke Karimunjawa.

Kalo mo liat dokumentasinya bisa liat note facebook ini:
http://www.facebook.com/notes.php?id=748344320

2 comments:

Anonymous said...

bos,mnta referensi rmh warg dnk...gw awal juni mw ke karjaw niy...mhon infonya yah,klo bs yg recommended...

secangkirkopitubruk said...

pengeeen!!!

Post a Comment

I need your comment, because your comment make me fell happier.

Website counter [Close]
There was an error in this gadget