Monday, February 22, 2010

Megaco itu bukan nama Mall!

Siapa bilang Megaco itu nama Mall?? memang sebenernya tidak ada yang bilang si megaco itu adalah nama mall.. zzz...

Sebenernya megaco itu adalah sebuah implementasi dari arsitektur Media Gateway control Protocol yang berguna buat ngendaliin Media Gateways di jaringan Internet Protocol (IP) dan PSTN. Dasarnya arsitektur pemrograman awalnya digambarkan dalam RFC 2805 dan sekarang arti Megaco spesifiknya adalah ITU-T H.248.1.

Megaco mendefinisikan protokol untuk Media Gateway Controller untuk mengontrol Media Gateways untuk mendukung aliran multimedia di jaringan komputer. Hal ini biasanya digunakan untuk menyediakan Voice over Internet Protocol (VoIP) yang merupakan jasa (suara dan fax) antara jaringan IP dan PSTN, atau seluruhnya dalam jaringan IP.

Protokol ini adalah hasil kolaborasi dari kelompok kerja MEGACO Internet Engineering Task Force (IETF) dan International Telecommunication Union ITU-T Study Group 16. IETF standar aslinya diterbitkan sebagai RFC 3015, yang kemudian digantikan oleh RFC 3525. Istilah Megaco adalah sebutan IETF. ITU kemudian mengambil alih kepemilikan protokol dan versi IETF telah direklasifikasi sebagai bersejarah. ITU telah menerbitkan tiga versi H.248.1, terbaru pada bulan September 2005. H.248 mencakup tidak hanya dasar spesifikasi protokol di H.248.1, tetapi banyak ekstensi didefinisikan di seluruh H.248 Sub-series.

Pelaksanaan lain Media Gateway Control Protocol arsitektur ada dalam protokol MGCP bernama sama. Ini digunakan melalui antarmuka yang sama dan mirip dalam aplikasi dan fungsi pelayanan, bagaimanapun, adalah protokol yang berbeda dan perbedaan yang mendasarinya membuat mereka tidak cocok.


Intinya MEGACO adalah sebuah protokol antara Media Gateway (MG) ke Media Gateway Controller (MGC). MGC contohnya H.323 atau SIP, MG contohnya RTP(Real Time).

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, because your comment make me fell happier.

Website counter [Close]
There was an error in this gadget