Saturday, February 6, 2010

Perjalanan Bandung Bali dengan ongkos dibawah seratus ribu

datang geladi ke bali SENDIRIAN dengan menaiki kereta ekonomi kahuripan (38.000) dan sritanjung (26.000) ditambah ferry ketapang gilimanuk (6.000) dan bis ke ubung (25.000). Berangkat tanggal 4 juli pukul 20.00 dan sampai tanggal 6juli pukul 06.00.

kereta ekonomi adalah kereta yang tidak jauh berbeda dengan kereta bisnis dan eksekutip. bedanya hanya masalah harga dan jadwal saja. di kereta ekonomi dapat ditemukan hal2 yang menakjubkan, keramahtamahan bangsa indonesia (cie.cie..). sebenarnya tidak ada yang namanya kejahatan yang menjadi isu di kereta ekonomi. asal kita bisa membawa diri dilingkungan itu. seperti tidak menunjukan kekayaan dengan berlebihan. hape ga termasuk koq. maksudnya seperti perhiasan. bling2. notebook (bawa aja ga usah dikeluarin. lagian ga ada hotspot disana), dkk..

pagi tanggal 4 juli gw survey ke stasiun kircon karena sebelumnya dah survey ke st. hall dan keabisan tiket. ternyata gw punya ide buat backpacker malem. biar sampe surabaya siang. kan masih bisa ada pilihan bis kalo siang. karena gw lom merencanakan detail untuk di surabaya saat itu. malemnya tanggal 4 juli gw sung ke kircon station yang keren banget malem hari. kaya suasana stasion jakarta kota yang deket glodok, tempat biasa gw beli alat2 komputer dan lain2 seperti cd (wah cd apa tuh????). kereta berangkat gw duduk di carrier 80literku di gerbong kantin kereta yang masih cukup luas untuk kutiduran.

tidak terasa sambil mengobrol dengan bapa2 yang turun di malang, wartawan sindo berumur 23taun, dan deberapa bapa2 dan ibu2 sok kenal. jangan kawatir, aku duduk di carrier cuma sampe jam stengah 3 pagi. selanjutnya santai di bangku seperti bangku eksekutip. sampailah gw di stasiun kertosono (cari di mbah google kalo ga tau...) sampe di kertosono langsung kutanyakan "kalo mo ke banyuwangi naek apa?" soalnya di banyuwangi kan ada ketapang buat nyebrang ke bali. jawabannya lugas dan terpercaya. kereta sritanjung. pukul 11.00 di kertosono dan berangkat lagi pukul 13.00 nasib gw ga terlalu beruntung di kereta ini. karena kertosono bukan stasiun besar. maka dari itu aku tidak dapat tempat duduk yang layak. di pinggir bangku. tapi jangan kawatir juga. cuma 3 stasiun gw menunggu. langsung dapat tempat duduk.

banyak kejadian yang terjadi di kereta. sampai2 kereta yang gw naekin tu nabrak motor yang sedikit bandel di lampu merah (sedikit bandel bisa menyebabkan kematian). sampai se pengendara motor meregang nyawa dan mayatnya dibawa ke stasiun porong (stasiun terdekat). jam 12 malam gw dah nyampe di banyuwanyi. trus gw langsung ke ketapang.... karena gw ga tau ternyata deket. jadi naek ojek. bayar goceng. tapi kalo jalan kaki juga deket koq. sampe di ketapang ketemu bapa2 yang sering bulak balik ke bali. dan sekeluarga yang ingin liburan ke bali. bayar 6000 doang naek ferry ke gilimanuk. trus dari gilimanuk di cek2 ktp. trus naek bis deh ke ubung dengan bayar 25000. sebenernya harganya 15000an doank. tapi karena udah malem (03.00 WITA) jadi harganya segitu kayanya. jago2 aja nawar.

semua yang keluar dari kantong ga nyampe seratus rebu. kecuali ditambah2 makan. ya emang mo naek apa pun pasti pada makan kan. sekedar info. makanan di kereta ekonomi pun beragam. dari mulai kantinnya yang jual nasi goreng, kopi, susu, indomie rebus, dkk. ada tukang asongan yang jual aneka ragam makanan dari mulai nasi rawon mpe nasi campur. pokoknya seru deh. jangan terpengaruh dengan perkataan orang yang menakutkan tentang kereta ekonomi. tapi ini option doank. ga maksa. makasi dah mo dengerin. semoga bermanfaat.

6 comments:

Yusi Nurika said...

Wahhh aku pengen ke bali tapi budget dikit banget

cine ingpo gan...
makasih yaaa

Adhinata Kurniawan said...

oke sama2.. silahkan dicoba.. nanti tanya aja klo ada problem

filsuf80 said...

mas mau nanya klo dari surabaya ad ga ya bis langsung ke denpasar jga ongkos nya brapa??
mksih mohon di jawab...

Adhinata Kurniawan said...

ada koq.. kalo jgo nawarnya dari terminal surabaya itu 70ribu sampe ubung.. klo mo naek kereta dari gubeng.. tunggu kereta dari kertosono ke banyuwangi.. deketlah itu mah..

Anonymous said...

Hebat gan !Hebat gan !

Adhinata Kurniawan said...

@anonymous: makasi gan.. :).. agan terlalu berlebihan

Post a Comment

I need your comment, because your comment make me fell happier.

Website counter [Close]
There was an error in this gadget