Monday, February 22, 2010

Pertarungan Sengit antara RSVP dan Bandwitdh Shaping

Ternyata pertarungan antara Power Ranger melawan Gorgon sudah selesai. begitu juga Pertarungan Wiro Sableng dan Pangeran Matahari. Akan tetapi pertarungan RVSP dan Bandwitdh Shaping belum dapat dipastikan dan masih membingungkan yang mana yang akan keluar sebagai pemenang atau malah ternyata mereka tidak jadi bertarung.

menurut mboh wiki,
Resource ReSerVation Protocol (RSVP), dijelaskan dalam RFC 2205, adalah sebuah protokol lapisan Transport dirancang untuk cadangan sumber daya di jaringan untuk layanan terintegrasi internet. "RSVP itu bukan aplikasi transportasi data tetapi lebih menjadi kontrol internet protokol, seperti ICMP, IGMP, atau routing protocol" - RFC 2205. RSVP menyediakan setup untuk multicast atau unicast aliran data dengan skala dan ketahanan.
RSVP dapat digunakan baik oleh host atau router untuk meminta atau memberikan tingkat kualitas layanan tertentu(QoS) untuk aplikasi data streams atau flows.
RSVP itu sendiri bukanlah sebuah routing protocol dan dirancang untuk antar-beroperasi dengan saat ini dan protokol routing masa depan. Intinya RVSP berfungsi untuk mengatur QoS dalam suatu jaringan koneksi.

Bandwidth Shaping adalah proses pengontrolan dari sebuah koneksi jaringan, BW disini dapat diatur atau diputus aktivitasnya. teknik ini biasa dilakukan oleh Provider internet (ISP) untuk memanajemen bandwitdh user.

Ternyata RVSP adalah pengaturan Qos dan Bandwidth Shaping adalah pengaturan bandwitdh. manakah yang lebih baik?? sebenarnya tergantung kebutuhan koneksi dan sebenarnya 2 teknik itu dapat digunakan untuk membangun jaringan sebagai parameter kualitas di tingkat klasifikasi yang berbeda. Yang satu dapat dilihat dari QoS-nya dan yang lain dilihat dari segi besar bandwitdh yang ada.

Dan yang paling terpenting adalah untuk mendapatkan QoS yang baik harus dilakukan bandwitch shaping yang sesuai dengan node tersebut, begitu juga sebaliknya untuk mendapatkan bandwitdh yang besar, control protocol RVSP harus diatur dengan baik.

Kesimpulannya?? simpulkan sendiri?!?!?

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, because your comment make me fell happier.

Website counter [Close]
There was an error in this gadget