Saturday, September 26, 2009

Puzzle 1000 pieces

Ternyata tak disangka-sangka, killing time dengan puzzle 1000 pieces memang sangat recommended sekali. Hari ini, gw bersama keluarga gw quality time bersama dengan menyusun puzzle bergambar winnie the pooh yang terpecah menjadi 1000 pieces.

8 jam dengan 7 orang penyusun, berhasil menyusun semua pieces dengan benar ditempatnya. 6 orang tersebut adalah gw, kakak pertama gw, papa, mama, kakak kedua gw, keponakan gw, pembantu rumah tangga kakak pertama gw. Sebenernya itu ga bisa diitung 7 orang si, soalnya kontribusi dan kemampuan 7 orang itu berbeda-beda, dan jujur saja yang enyusun paling banyak dan menemukan teknik-teknik yang brilian dalam menyelesaikan puzzle itu adalah gw sendiri.

sebenarnya mudah saja dalam menyusun puzzle 1000 pieces tersebut. hanya dengan semangat, kerjasama dan teknik yang benar. kalian dapat menyusun puzzle itu. Sebenernya teknitnya dibagi jadi 4 tahap, diantaranya:
  1. kelompokkan pieces-pieces puzzle kedalam kelompok-kelompoknya. dengan 1000 pieces, analogi yang tepat dibagi menjadi A-X. Dalam mengelompokan pasti saja ada yang miss/salah dikelompokkan, oleh karena itu kosongin aja dulu pieces yang ilang
  2. setelah dikelompokkan, selesaikan satu kelompok kecil dulu. pada kasus ini gw nyelesain kelompok "J" terlebih dahulu dengan alasan "random". Dalam menyelesaikan satu kelompok kecil, kita harus menyesaikan batas-batas kelompok kecil tersebut agar nantinya kita tinggal menyelesaikan tengah dari puzzle tersebut
  3. setelah batas-batasnya terlihat jelas, pisahkan pieces-pieces puzzle menjadi pieces horizontal/mendatar dan pieces berdiri/vertikal
  4. setelah itu cocokanlah pieces-pieces tersebut menjadi puzzle kelompok yang nantinya kelompok itu akan digabungkan menjadi puzzle yang besar dan selesai
Begitu kira-kira cara efektif yang bisa dipake saat kita kerjain puzzle. mungkin ada cara yang lebih efektif dari ini [silahkan di comment kalo ada]. Pake cara ini gw berhasil nyelesain 10 kelompok kecil (J,P,K,Q,D,E,F,S,O,L,) kakak kedua gw 4(U,V,W,X), kakak pertama gw 8(A,B,G,H,C,M,N,I,), mama gw 2(R,T), dan lainnya hanya meramaikan saja.

Puzzle 1000 pieces ini banyak fungsinya juga lho ternyata, ini diantaranya:
  • killing time atau mengisi waktu luang
  • membangun komunikasi antar sesama
  • melatih mental jika diberikan kerjaan yang terlihat berat
  • melatih kesabaran karena bisa kesel kalo puzzle yang dibikin dirusak gulma [contohnya: anak kecil, orang yang tidak bertanggung jawab, orang omdo, orang gila (mangkanya maennya jangan di RSJ dong)]
  • melatih IQ yang udah pasti
  • melatih koordinasi mata, tangan dan otak. kalo itu kaga bener bisa-bisa mikir kemana, tangan kemana, mata kemana... berabe dah
  • menjaga keharmonisan
  • membuang kemalasan
  • dsb
Nanti, gw akan beli sejenis puzzle ini kalo gw dah punya keluarga kecil dan bersama orang-orang yang gw sayangin menyusun pieces demi pieces untuk jadi puzzle yang besar. kalo perlu puzzle dengan 50000 pieces, biar yang tadinya tujuannya menjaga keharmonisan malah pada sewot dan gahar gara-gara piecesnya terlalu kecil dan banyak. haha. bayangkan saja oleh kalian semua.
Blogged with the Flock Browser

1 comments:

slyxough said...

référence wikipedia réplique gucci naviguer autour de ce site Web Dolabuy Valentino parcourir ce site Dolabuy Valentino

Post a Comment

I need your comment, because your comment make me fell happier.

Website counter [Close]