Friday, October 8, 2010

Celoteh dan Tips untuk Speedy Causarina

Koneksi Internet di Causarina menjadi salah satu kebutuhan primer saat ini, maraknya game online seperti Point Blank, World of Warcraft, Atlantica dan DotA B-Net menjadi salah satu yang menjadi keseharian dari anak-anak Causarina.

Koneksi Internet di Causarina memang awalnya dibuat untuk Game Online. Dengan bandwidth 384kbps (sudah dinaikan menjadi 1024kbps), pada Gamer Causarina menjadi sangat tidak nyaman jika ada Bandwidth Killer saat mereka bermain.

Berikut ini tips jika ingin koneksi Internet di Causarina menjadi nyaman untuk digunakan dan tidak selek antar sesama anak Causarina:
  1. Cara mendeteksi Bandwidth Killer, yaitu buka aplikasi Network Scanner, masukan range IP Speedy Causarina, lihat di kolom "Response Time", lihat yang paling tinggi, maka itu dialah bandwidth killernya. Standarnya, Response time yang keluar itu "nol ms". Bayangkan kalo traffic pada LAN sudah lebih dari nol millisecond apalagi pada traffic Internetnya. Sering-seringlah check NetScan biar ketahuan Bandwidth Killernya.
  2. Download itu pada waktu yang tepat, yaitu pada "Waktu Suka-Suka", yaitu jam 03.00-09.00 setiap harinya. Jika ada yang mau didownload pada bukan waktu itu, tolong di-queue (diantrikan, dan dijadwalkan untuk didownload pada waktu suka-suka).
  3. Jika memang penting seperti tugas kejar deadline atau bahan job kerjaan bisa minta ijin dulu pada user lain yang sedang memakai. Kecuali tidak ada user selain kamu. Maaf-maaf aja kalau seperti lagu, itu tidak penting! Check NetScan untuk liat siapa saja user-nya! Sewaktu-waktu akan ada inspeksi mendadak!
  4. Agar tidak menimbulkan kecurigaan, tolong matikan IDM saat bukan waktu suka-suka. Sekali lagi, MATIKAN!. Setting pada aplikasi IDM untuk tidak muncul pada start-up. Tolong untuk saling mengingatkan antar user! Karena untuk mencegah IDM automatic download. Laporin aja kalau Bandel.. Sanksi sudah jelas koq. Cabut permanen!
  5. Gunakanlah Anti-Virus dan jangan lupa meng-updatenya, karena bisa saja virus yang ada pada komputer kamu itu menyedot bandwidth yang besar dengan mengirimkan atau mendownload file untuk mengacak-acak komputer kamu.
  6. Update antivirus tolong disetting manual atau dijadwalkan pada waktu suka-suka, karena update anti-virus itu termasuk dalam kategori download!
  7. Ini yang tidak kalah penting karena hal ini kasab mata oleh kita, Windows Update tolong dimatikan dan disetting pada "Never Check for update" atau "Check for update but let me choose whether to download and install them" dan jangan disetting pada "Download update" atau "Install automatically" karena itu bisa terdownload dan tidak berguna, karena kamu tidak akan memakainya.
  8. Matikan semua aplikasi yang mempunyai settingan download automatically update seperti Adobe Reader, Microsoft Office, Picasa, GOM, Winamp dsb. Karena sebagian besar aplikasi mensetting agar aplikasi mereka terdownload sendiri.
  9. Untuk Browsing, kamu buka tab yang sabar, jangan asal buka dan banyak tab dalam waktu yang bersamaan. Untuk Long Picture yang memakan bandwidth dibuka satu-satu!. Begitu juga dengan Tread Forum (Kaskus, Gamespot, Kampus.us, dsb) dan streaming video (YouTUBE, YouJIZZ, RedTUBE, dsb), karena jika dibuka dalam waktu bersamaan bisa membuat bandwidth tersedot, kecuali pada waktu suka-suka.
  10. Jangan gunakan software seperti Network Cutter (NetCut) atau Bandwidth Manager (BM) karena itu bisa merusak ARP pada jaringan dan akibatnya jaringan menjadi tidak stabil dan sering disconnect.
  11. Bayar Speedy di tanggal 20-an, jangan sampai diputus baru dibayar. itu namanya tidak bertanggung jawab! Lagian rugi kan kamu bayar buat 30 hari, dipakenya 29 hari atau kurang.
  12. Yang terakhir, Jangan Cuma bisa Ngeluh, Ngomong doang!. Baca Tips ini dan Lakukan!. Kalau ada yang kurang jelas, TANYA!, jangan sok tahu dan akhirnya merugikan banyak orang. Kalau ada saran, bisa disampaikan. Agar tidak ada lagi teriakan-teriakan "Woooi LAG woooi!!!", "Anjing, LAG Tod!!!" dsb!
Jangan Salahkan bunda mengandung jika terjadi pencabutan LAN kamu kalau ngeyel! Capek ngedengerin keluhan, capek ngasi tau, capek juga ngadepin orang ngeyel.

Terima Kasih. Semoga koneksi Causarina semakin stabil, diberikan kemudahan dan lancar.
AMIN!.

7 comments:

momond said...

waktu suka-suka nya harusnya dari jam10,, biar gagda ng-game ampe pagii !!!
:D

Adhinata Kurniawan said...

ok.. itu bisa aja.. tapi kita demokrasikan dahulu dengan anak2

momond said...

bisa dihantam masal gw
:D

Anonymous said...

ga sungkan" buat motong kabel gw...
sudah disepakati kan?
pemutusan permanen...
thanks...

Anonymous said...

ijin nyimak gan

Ian Loryadini said...

itu si cengeng ngapain coba koment2
hahahaha

Adhinata Kurniawan said...

to
momond: kita demokrasi, bukan adu jotos
anonymous: potong kalo memang susah dibilangin
anonymous: silahkan, tapi inget INI BUKAN KASKUS!, jgn panggil gw "gan"
ian: tau tuh si cengeng.. udah mecahin gelas, kabur, masi aja komen2

Post a Comment

I need your comment, because your comment make me fell happier.

Website counter [Close]