Wednesday, March 3, 2010

"Arsitektur, dan Sistem Transmisi pada GSM" Serem!!

Situs www.ittelkom.ac.id selain menyimpan nilai-nilai & data kehadiran juga menyimpan banyak misteri. salah satu misteri yang ada disana adalah misteri mengenai GSM. disana dijelaskan bagaimana seluk beluk dari misteri tersebut.

Sebuah jaringan GSM dibangun dari beberapa komponen fungsional yang memiliki fungsi dan interface masing-masing yang spesifik. Secara umum jaringan GSM dapat dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu :
1. Mobile Station
2. Base Station Subsystem
3. Network Subsystem

Fungsi Komponen Jaringan GSM
Berikut ini akan dijelaskan mengenai arsitektur GSM yang merupakan gabungan dari perangkat-perangkat yang saling berkaitan dalam mendukung jaringan GSM.

• Base Transceiver Station (BTS)
BTS merupakan perangkat pemancar dan penerima yang memberikan pelayanan radio kepada Mobile Station (MS). Dalam BTS terdapat kanal trafik yang digunakan untuk komunikasi.

• Base Station Controller (BSC)
BSC membawahi satu atau lebih BTS serta mengatur trafik yang datang dan pergi dari BSC menuju MSC atau BTS. BSC memenejemen sumber radio dalam pemberian frekuensi untuk setiap BTS dan mengatur handover ketika mobile station melewati batas antar sel.

• Mobile Switching Center (MSC)
MSC didesain sebagai switch ISDN (Integrated Service Digital Network) yang dimodifikasi agar berfungsi untuk jaringan seluler. MSC juga dapat menghubungkan jaringan seluler dengan jaringan fixed.

• Home Location Register (HLR)
HLR merupakan database yang berisi data pelanggan yang tetap. Data tersebut antara lain, layanan pelanggan, service tambahan serta informasi mengenai lokasi pelanggan yang paling akhir (update).

• Authentication Center (AuC)
AuC berisi database informasi rahasia yang disimpan dalam bentuk format kode. AuC digunakan untuk mengontrol penggunaan jaringan yang sah dan mencegah semua pelanggan yang melakukan kecurangan.

• Visitor Location Register (VLR)
VLR merupakan database yang berisi informasi sementara mengenai pelanggan, terutama mengenai lokasi dari pelanggan pada cakupan area jaringan.

• Operation and Maintance Center (OMC)
OMC sebagai pusat pengontrolan operasi dan pemeliharaan jaringan. Fungsi utamanya mengawasi alarm perangkat dan perbaikan terhadap kesalahan operasi.

• Mobile Station (MS)
MS merupakan perangkat yang digunakan oleh pelanggan untuk dapat memperoleh layanan komunikasi bergerak. MS dilengkapi dengan sebuah smartcard yang dikenal dengan SIM (Subscriber Identity Module) yang berisi nomor identitas pelanggan.

Mengenai Transmisinya, mbah wiki bilang tipe transmisi data pada GSM adalah circuit switched data yang dikembangkan untuk TDMA (Time Division Multiple Access) yang berbasis mobile phone. CS menggunaka single radio time slot yeng mengirimkan data dengan kecepatan 9.6 Kbps ke GSM Network dan GSM Switching subsystem.
CS bisa digunakan untuk data maupun voice dalam jaringan GSM. single dedicated radio timeslot dialokasikan antara handphone dengan base station. dedicated time slot (16Kbps) dialokasikan antara base station ke transcoder dan akhirnya tiem slot lainnya (64 Kbps ) dialokasikan antara tanscoder dengan MSC.

Bagaimana cerita misteri itu?? serem ga?? apasih?!?!?

0 comments:

Post a Comment

I need your comment, because your comment make me fell happier.

Website counter [Close]
There was an error in this gadget